Seminar Hasil Penelitian

  • 22 September 2020
  • 12:00 WITA
  • AAH
  • Berita

DIS-MAGISTER: BERITA; Program Studi Dirasah Islamiyah Magister kembali menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian, Selasa, 22 September 2020 dari Mahasiswa Konsentrasi Perpustakaan dan Informasi Islam atas nama Asniati. Ia mengangkat tema penelitian tesis yakni Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar. Bertindak sebagai Promotor dan Kopromotor adalah Dr. La Ode Ismail Ahmad, M.Th.I. dan Dr. Arifuddin Tike, M. Sos. I.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi kerja di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar, bagaimana kinerja Pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar, dan seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja Pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 33 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja di UPT  Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar yaitu 66.7%, kinerja Pustakawan di UPT  Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar yakni 57.6%. Sedangkan besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja Pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar yakni 0,667%.

Adapun yang bertindak sebagai penguji dalam ujian ini adalah Dr. Iskandar, S.Sos. MM dan Dr. Indo Santalia, M.Ag. Penguji pertama mempersoalkan masalah tinjauan teoritis harus ditambah materinya dan kajian pustaka harus di perbaiki dan jumlah halamanya harus tambah. Adapun penguji kedua menyoroti bahwa harus ada dalil mengenai keislaman, dan abstraknya harus diperbaiki. Kajian teoretik harus dipertajam dengan menggunakan kajian Islam sebagai bagian dari integrasi keilmuan. Mesti ada kajian teoretik tentang motivasi kerja dan kinerja dalam perspektif agama.

Berdasarkan beberapa masukan dan pertanyaan dari penguji dan promotor, maka hasil penelitiannya diterima dengan berbagai catatan dan diberikan kesempatan untuk memperbaiki naskah penelitiannya selama satu bulan.